WELCOME TO MY BLOG, & THANKS FOR VISITING

Sabtu, 19 Maret 2011

Gempa Jepang, Pencarian Miyabi di Yahoo Meningkat

JAKARTA - Jika di dunia, pencarian terhadap kata kunci 'earthquake' dan 'tsunami' terdongkrak tajam, hal yang sama juga terjadi di Indonesia, ditambah dengan pencarian terkait aktris Jepang, Miyabi.

Seperti di belahan bagian lain Asia Pasifik, masyarakat Indonesia juga melakukan pencarian dengan variasi istilah yang berbeda terkait Japan earthquake, dan mencari berita, peta, video dan gambar terkait gempa bumi di negara tersebut.

"Nyata terlihat bahwa masyarakat Indonesia teringat akan tsunami di Aceh dan Papua di saat Yahoo! Search Trends mengamati terjadinya pencarian akan kedua hal tersebut. Menarik untuk dicatat bahwa ada pencarian terhadap aktris Miyabi dimana ada peningkatan pencarian Yahoo! untuk foto Miyabi," ujar pihak Yahoo dalam keterangan resminya, Rabu (16/3/2011).

Sayangnya, pihak Yahoo tidak memberikan keterangan detil mengenai pertumbuhan akan pencarian terkait Miyabi. Hanya saja pencarian terkait aktris asal Jepang yang bernama Maria Ozawa itu memang meningkat sejak terjadinya gempa bumi dan Tsunami di Jepang, didukung rasa ingin tahu mengenai nasib artis tersebut saat bencana melanda.

Data ini didapat Yahoo melalui Yahoo! Search Trends. Mesin pencarian internet itu mengklaim menyaksikan kenaikan tajam dalam periode singkat terkait berita dan informasi gempa bumi dan tsunami Jepang. Di Taiwan, permintaan pencarian terkait earthquake dan tsunami meningkat 80.000 persen. Di Hong Kong, volume pencarian untuk kata kunci earthquake meningkat 4.000 persen dan tsunami 10.600 persen dan sejak itu kedua kata kunci ini bertahan sebagai kata kunci yang paling dicari. Serupa, Korea juga menunjukkan peningkatan sebesar 23.520 persen untuk istilah 'earthquake' dan 40.025 persen untuk tsunami. Semua ini mengungkapkan dampak mendalam dari gempa bumi terhadap pikiran dan perasaan masyarakat di penjuru Asia Pasifik.

Pengguna juga berusaha membuat pencarian kata kunci spesifik dengan beberapa variasi seperti 'Japan earthquake', 'Japan tsunami', 'earthquake 2011', 'Japanese tsunami 2011'. Di Singapura dan Malaysia, kata kunci 'Japan tsunami' masing-masing meningkat sebesar 30.450 persen dan 9.100 persen hanya selang sehari setelah terjadinya tsunami.

Sebuah pengamatan penting dari Yahoo! Search Trends lainnya adalah pada pencarian untuk donasi, dimana pengguna ingin mengetahui bagaimana mereka dapat membantu perbaikan bencana Jepang. Di Singapura, pencarian pada Red Cross, Japan earthquake donation, dan Pray for Japan menunjukkan peningkatan signifikan.

Jumlah pencarian di Yahoo! berkaitan dengan prediksi dan ramalan pada bencana Jepang, Nikkei dan Tokyo Stock Exchange, film dengan adegan bencana seperti Sinking of Japan, 2012 dan The Day after Tomorrow serta rumor kematian dari figur Jepang seperti pencipta karakter Pokemon, Hello Kitty dan aktris Maria Ozawa (Miyabi) menjadi meningkat semenjak terjadinya gempa bumi Jepang.
Sumber : Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar